Sejarah Junior Grand Prix

JGP

Junior Grand Prix adalah serangkaian kompetisi tingkat junior – Grand Prix ISU Junior yang diselenggarakan oleh International Skating Union. Medali diberikan dalam tunggal putra, tunggal putri, ice dance, dan pairs. Skater mendapatkan poin kualifikasi di setiap acara Junior Grand Prix. Pada akhir seri, enam skater dengan posisi tertinggi dari setiap disiplin dapat maju ke Junior Gran Prix Final.

Tidak seperti Grand Prix senior ISU Figure Skating, peserta dimasukkan oleh federasi nasional negara tersebut dan bukan dari ISU. Jumlah entri yang dialokasikan untuk masing-masing federasi anggota ISU ditentukan oleh penempatan negara pada Kejuaraan Junior Dunia tahun sebelumnya di setiap disiplin masing-masing.

Negara tuan rumah diizinkan untuk memasukkan hingga tiga skater / tim untuk tunggal dan ice dance, dan tidak ada batas untuk entri pairs.

Syarat untuk kualifikasi seri Junior Grand Prix, skater harus berusia minimal 13 tetapi belum berumur 19 (atau 21 untuk skater berpasangan pria dan ice dance) sebelum tanggal 1 Juli. Seorang skater harus memenuhi persyaratan usia sebelum tanggal 1 Juli di usia mereka. Misalnya, Adelina Sotnikova dilahirkan pada tanggal 1 Juli 1996 di Moskow dan karena itu, tidak memenuhi syarat untuk berkompetisi hingga musim 2010-11.

 

Didalam 20 tahun sejarah Junior Grand Prix, negara dengan fasilitas yang tinggi mendominasi podium Junior Grand Prix Final.

Junior Men

Negara Jumlah Medal Total Dominasi
USA 23 35%
Russia 16 24%
Japan 9 14%
China 7 11%
Canada 5 8%
France 2 3%
Belgium 1 2%
German 1 2%
Bulgaria 1 2%
South Korea 1 2%

Junior Ladies

Negara Jumlah Medal Total Dominasi
Russia 30 45%
USA 15 23%
Japan 14 21%
South Korea 2 3%
China 2 3%
Hungary 1 2%
Italy 1 2%
Sweden 1 2%

 

Tiap tahun, semakin banyak negara-negara kecil yang ikut berpartisipasi di Junior Grand Prix, tetapi jalan mereka masih jauh bisa lolos ke Junior Grand Prix Final ataupun menjejaki podium di Junior Grand Prix Final.

Tentunya kita sebagai fans olah raga ini, tidak hanya ingin berharap, tetapi ingin membantu sebisa kita untuk meningkatkan kualitas latihan para atlet-atlet tersebut agar bisa menyemarakkan olah raga figure skating di tingkat dunia.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.