Tips dan Panduan Untuk Menjadi Juara Figure Skating

Skaters boots

Tips dari pelatih figure skating asal Amerika Serikat, Tom Zakrajsek

source: https://www.liveabout.com/guide-child-to-figure-skating-champion-1282178

Apa saran yang Anda miliki untuk orang tua atau pelatih skater tokoh baru dan muda?
Salah satu hal pertama yang harus dilakukan oleh orang tua dan pelatih adalah melihat apakah ada kualitas menonjol tersendiri di diri anak yang mungkin bisa dijadikan karakteristik unik dalam melaksanakan skating.

Beberapa hal yang harus dilihat adalah:

    • Keingin berada di atas es
    • Fleksibiliti
    • Kekuatan alami
    • Seni
    • Kealamian saat stroking
    • Kemampuan untuk belajar dan mengingat informasi dari tiap latihan
    • Kemampuan untuk mempraktekkan apa yang diajarkan pada mereka
    • Tidak takut dan mampu untuk menghadapi saat jatuh

Bagaimana orang tua yang menginginkan kesuksesan untuk anaknya dalam skating memastikan semuanya dilakukan dengan benar?
Pelatih saya, Norma Sahlin, mengatakan hal berikut kepada saya ketika saya memulai karir saya sebagai pelatih:

“Ketika kamu melihat seseorang masih muda dan berbakat, kamu harus bersikeras bahwa mereka mempelajari sesuatu dengan benar.”

Semua skater harus diajarkan teknik skating yang benar, tetapi ketika seorang pelatih memiliki skater dengan talenta alami, pelatih harus memastikan mereka melakukan setiap bagian dari keterampilan dengan benar dan bukan menerima bagaimana mereka secara alami melakukannya. Teknik dasar mereka harus dibangun untuk keterampilan tingkat yang lebih tinggi, yang mereka pelajari untuk masa depan mereka.

Saya akui bahwa setelah lebih dari 22 tahun pembinaan skating, saya telah memiliki banyak pengalaman dalam menghentikan kebiasaan buruk!

Pengalaman saya mengoreksi kebiasaan buruk ada hubungannya dengan skater yang mulai bekerja dengan pelatih lain dan kemudian mengganti pelatih dan datang ke saya, setelah skating bertahun-tahun dengan teknik yang salah. Akibatnya, hal terburuk yang bisa dilakukan oleh orang tua atau skater adalah menempatkan pelatih pada posisi di mana mereka menuntut gol yang tinggi tetapi tidak cukup latihan atau tidak banyak mengikuti latihan untuk mencapai tujuan tersebut.

Adalah tanggung jawab pelatih untuk memastikan skater mempelajari teknik yang tepat. Mempelajari teknik yang tepat untuk figure skating memerlukan banyak latihan, dan juga dibutuhkan banyak pengawasan.

Bagaimana orang tua atau pelatih membimbing anak untuk menjadi juara?
Menemukan pelatih yang tepat itu sangat penting. Saya percaya hanya mereka yang mengajar skating full-time yang bisa menciptakan juara. Carilah pelatih yang sabar, yang profesional, dan bersemangat untuk menciptakan dan mengajar skaters muda.

Saya telah mengajar skating selama 22 tahun dan memiliki pengalaman dan dorongan untuk membentuk dan membuat skaters muda menjadi juara, tetapi saya bukan satu-satunya pilihan di luar sana. Ada banyak orang seperti saya yang memiliki pengetahuan, kualifikasi, dan dorongan untuk melakukan apa yang telah saya lakukan.

Saya tidak pernah datang ke orang tua skater dan memberi tahu mereka bahwa saya bisa membuat anak-anak mereka juara skating. Sebaliknya, jika mereka mendekati saya tentang pelajaran, dan saya melihat potensi, saya mengatakan bahwa seorang anak ini memiliki kemampuan untuk sukses. Saya kemudian memberi tahu orang tua apa yang perlu dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam olahraga ini.

Apa yang harus dilakukan untuk membentuk seorang juara figure skating?
Ada tiga langkah untuk menjadi sosok skater terbaik:

Pertama, seorang anak harus memiliki skating skills tertentu.
Selanjutnya, seorang skater harus menstabilkan skills itu.
Langkah terakhir adalah memperbaiki skillnya.
Memperoleh, menstabilkan, dan memperbaiki skating skills dilakukan pada tingkat yang lebih rendah dan proses itu memakan waktu sekitar 5-7 tahun.

Sementara mereka belajar skating skills, skater dan orang tua juga harus belajar “permainan figure skating” yang merupakan cara untuk bersaing dan menangani tekanan kinerja dan bertanggung jawab terhadap tujuan mereka. Ini akan membantu mereka dengan baik jika dan ketika mereka sampai ke tingkat tim nasional dan internasional di mana US Figure Skating dan USOC mengharapkan pencapaian dan keandalan yang konsisten dari perolehan medali dan / atau kemenangan serta tempat jaminan untuk tim Dunia Junior, Dunia, dan Olimpiade itu adalah timbal balik langsung dari bagaimana mereka bersaing di kompetisi tersebut.

Jumps apa yang harus didaki skater sebelum berusia 13 tahun?
Semuanya! Murid saya, Rachael Flatt, baru berusia 12 tahun ketika ia memenangkan gelar US National Novice Ladies. Dia sudah lompat triple jumps saat itu. Pada saat dia berusia 13 atau 14 tahun, dia sudah menguasai triple loop, triple flip, dan triple Lutz.

Para skater di jalur yang kompetitif harus dapat melakukan Axel dan setidaknya 3 macam double jumps pada saat mereka berusia 7 atau 8 tahun.

Untuk anak laki-laki itu bisa sedikit berbeda. Akan bermanfaat untuk memperoleh kombinasi triple axel dan kombinasi triple-triple jump sebelum memasuki peringkat senior dan quad jump pada usia 16-19, jika mereka ingin mendapatkan pengalaman bersaing dengan skills ini sebelum mereka bersaing pada tahap nasional dan internasional di mana mereka dituntut agar lebih kompetitif lagi.

Berapa banyak sesi latihan dan pelajaran yang Anda rekomendasikan?
Saya meminta skater saya untuk melakukan setidaknya 3 sesi latihan on-ice selama 45 menit/hari selama tahun sekolah dan setidaknya 4(sesi) di musim panas. Murid-murid saya biasanya mengambil setidaknya satu pelajaran privat sehari, tetapi saya merekomendasikan dua. Saya juga melaksanakan latihan lompat off-ice selama 2×10 menit seminggu dengan skaters saya. Saya juga meminta skater untuk bekerja dengan pelatih tambahan pada keterampilan skating, conditioning, balet dan jazz, dan gerakan di lapangan. Saya juga merekomendasikan skaters saya untuk bekerja dengan pelatih pendukung pada spins juga.

Bagaimana Anda memastikan murid Anda mempraktikkan keterampilan yang Anda ajarkan kepada mereka?
Setiap siswa saya diharuskan memiliki buku catatan. Di buku catatan, saya memberi mereka keterampilan yang diperlukan untuk berlatih dalam urutan tertentu. Selama setiap sesi mereka skating, saya harap untuk bisa melihat buku catatan itu terbuka.

Saya tidak memaksa, tetapi saya mendorong siswa saya untuk bekerja keras.

Bagaimana dengan sekolah dan kegiatan di luar arena?
Saya menyerahkan cara sekolah skaters saya kepada orang tua. Rachael Flatt tidak pernah homeschooling. Sekolah memang memberi kesempatan bagi skater untuk bersosialisasi dengan orang lain selain skaters. Saya pikir pergi ke sekolah biasa membantu mengajarkan akuntabilitas kepada orang dewasa selain orang tua dan pelatih.

Saya juga mendorong skater saya untuk mengambil pelajaran musik dan menguasai instrumen, tetapi saya tidak mengharuskan itu. Pengetahuan musik atau kemampuan memainkan alat musik pasti akan membantu seorang skater.

Apa lagi yang Anda dorong atau pantau?
Saya mendorong skaters untuk menonton skaters lainnya. Saya berharap mereka menonton skaters bersaing dalam acara di atas level mereka.

Saya meminta setiap siswa menyimpan excel yang menunjukkan kegiatan mereka sehari-hari. Jika skater muda tidak tidur setidaknya 10 jam, saya membahas masalah itu.

Jika seorang skater dan orang tuanya tidak melakukan apa yang saya harapkan, kami mendiskusikan apa yang dapat dilakukan untuk memperbaiki situasi.

Jika seorang skater tidak mencapai tujuan yang Anda tetapkan, haruskah mereka menyerah?
Saya tidak percaya menyerah. Saya percaya dalam bekerja lebih keras.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.